5 Tips Membeli Mobil untuk Pemula

5 Tips Membeli Mobil untuk Pemula

Kebanyakan orang pasti akan memiliki keinginan untuk membeli mobil baru murah semisal harga mazda cx30. Itu karena kenyamanan yang ditawarkan dan dapat melakukan perjalanan tanpa rasa takut ketika hujan atau panas. Dengan begitu banyak yang menabung sedikit demi sedikit sehingga suatu hari mereka bisa membawa mobil idaman.

Saat berniat membeli mobil baru untuk teman yang diharapkan terlebih dahulu mempertimbangkan segalanya dengan bijak. Jangan hanya membeli bersama tetangga, teman, atau saudara. Ini dilakukan agar tidak ada penyesalan di masa depan.

Berikut ini adalah tips untuk membeli mobil baru untuk pemula yang perlu perhatian.

  1. Tentukan model dan juga fitur

Ketika Anda ingin membeli mobil impian, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan modelnya. Dengan begitu persiapan dana bisa diperkirakan dan tinggal pilih merek. Tidak hanya itu, beberapa fitur di dalamnya juga patut dipertimbangkan untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara.

Maka dengan menentukan model dan kelengkapan fitur, sobat tidak lagi bingung dalam membeli mobil pertama.

  1. Tentukan anggaran dan siapkan dana sekitar 20% dari harga mobil

Dalam membeli mobil ada 2 cara pembayaran, yaitu dengan kredit atau sistem tunai. Jika Anda ingin melakukan pembayaran bulanan saat membeli mobil, Anda dapat menggunakan sistem kredit. Jika demikian ada dana minimum 20% dari harga mobil untuk membayar DP (Uang Muka). Sebagai contoh, teman saya bermaksud membawa Toyota Agya dengan bandrol sebesar Rp. 120 juta. Jika DP 20%, maka jumlah biaya DP yang harus dibayar tunai adalah Rp. 24 juta.

Sangat berbeda dengan membeli mobil baru dengan sistem uang tunai. Dimana pembeli harus membayar seluruh harga mobil yang akan dibeli.

  1. Jangan lupa PPnBM dan juga pajak kendaraan

Yang tidak kalah penting bagi teman saya yang berniat membeli mobil adalah memperhatikan jumlah Pajak Penjualan atas Barang Mewah dan juga pajak tahunan. Dalam hal ini, diperlukan kehati-hatian, karena mobil dengan model yang sama memiliki jumlah biaya pajak yang berbeda. Jadi membuat perbandingan yang tepat diharapkan dapat mengurangi biaya pajak yang akan dikeluarkan nantinya.

  1. Menentukan lembaga keuangan yang tepat

Saat berniat membeli mobil baru menggunakan sistem kredit, Anda harus menentukan lembaga keuangan tepercaya. Bandingkan juga suku bunga yang diberikan, sehingga pembayaran bulanan yang dibayarkan tidak terlalu tinggi. Jangan hanya percaya kalau ada iming-iming dengan suku bunga 0%, karena biasanya setelah mengunjungi dealer ternyata berbeda. Akan lebih baik untuk melakukan perbandingan antara beberapa dealer untuk mendapatkan yang lebih ringan dan lebih dapat diandalkan. Setelah itu, kemudian mencari lembaga keuangan yang tepat dan tepercaya, biasanya dari dealer akan menawarkan beberapa lembaga keuangan yang bisa dipilih.

  1. Lakukan test drive

Tahap terakhir adalah melakukan test drive, jadi tujuan melakukannya ketika membeli mobil adalah untuk meyakinkan diri sendiri agar Anda tidak kecewa nanti. Meski pada dasarnya setiap mobil dalam kondisi baru memiliki pengendaraan yang nyaman, tetapi siapa tahu bahwa mobil baru itu tidak sesuai dengan selera Anda.

Melakukan test drive dapat langsung merasakan kenyamanan mobil yang menjadi sasaran

Selain meyakinkan diri sendiri, test drive juga dapat digunakan untuk mencoba beberapa fitur dalam kendaraan. Teman dapat mencoba fitur keamanan dan juga fitur kenyamanan dan hiburan di dalamnya. Jangan ragu untuk bertanya tentang mobil dengan penjualan jika ada sesuatu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang tips membeli mobil baru untuk pemula. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

shares