Penanganan Tepat Saat Terjadi Belekan Pada Bayi

Penanganan Tepat Saat Terjadi Belekan Pada Bayi

Belekan adalah penyakit yang menyebabkan mata si penderita berair dan banyak mengelurakan kotoran. Mata belekan juga bisa terjadi pada bayi lahir. Penyebab umumnya adalah saluran air mata yang belum terbentuk dengan sempurna. Lalu bagaimanakah langkah penanganan ketika hal tersebut terjadi? Berikut penanganan tepat saat terjadi belekan pada bayi.

Bayi Mengalami Belekan Normal atau Tidak

Anda harus mencari tahu apakah bayi Anda mengalami belekan yang memang normal diderita bayi baru lahir atau tidak. Bisa dikatakan normal jika kotoran yang muncul pada mata bayi di pagi hari tidak terlalu banyak. Kotoran yang muncul tidak sampai menyentuh atau bahkan membuat mata bayi menjadi lengket.

Jika masih dalamk kondisi normal seperti di atas, Anda tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu membersihkan mata bayi menggunakan kapas dan air hangat. Arahkan dari bagian dalam mata ke arah keluar. Jangan pernah menggunakan cairan pembersih mata untuk membersihkan mata bayi.

Segera Bawa ke Dokter Jika Belekan Terjadi Lebih dari 3 Hari

Anda perlu melihat apakah pada bagian putih mata bayi mengalami kemerahan atau tidak. Warna mata yang memerah bisa menandakan bahwa belekan terjadi disebabkan karena infeksi. Jika Anda pergi ke dokter, biasanya akan diberikan obat untuk mengatasi infeksi.

Lakukan Pemberian Obat pada Bayi dengan Tepat

Jika Anda diberikan obat mata oleh dokter untuk bayi Anda, sebaiknya tanyakan dengan jelas bagaimana cara menggunakannya. Anda bisa mengatasi penyumbatan saluran air jika infeksi yang diderita bayi telah diatasi. Lakukan pemijatan untuk membantu melancarkan saluran udara yang tersumbat. Saluran air mata terletak pada bagian dalam mata dekat dengan pangkal hidung.

Langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketika akan mengobati belekan pada bayi yang pertama adalah mencuci tangan dengan bersih sebelum melakukan pemijatan pada pangkal hidung bayi. Pijatan bisa Anda lakukan dengan menggerakkan ibu jari Anda dari pangkal hidung ke arah bawah hidung.

Anda juga bisa memijat dengan gerakan memutar. Lakukan pemijatan ini selama 2 hingga 3 kali sehari. Jika ibu jari Anda terlalu besar, gunakanlah jari lain untuk memijat bagian tersebut. Ketika Anda memijat, ingat bahwa kulit bayi masih dangat tipis, sehingga Anda harus sangat berhati-hati.

Anda tidak perlu melakukan pemijatan dengan kuat, cukup menggosok atau mengusapnya dengan pelan-pelan. Sebaiknya juga ketika memijat, kondisi kuku Anda dalam keadaan pendek. Kuku yang panjang dikhawatirkan akan melukai kulit bayi.

Jika belekan yang diderita bayi tidak terlalu parah, Anda hanya perlu membersihkan bagian luar mata bayi seperti langkah-langkah di atas. Namun, jika sudah tergolong parah sebaiknya konsultasik kondisi bayi kepada dokter mata agar si kecil mendapatkan perawatan terbaik.

Itulah cara menangani belekan pada bayi yang tepat yang bisa Anda lakukan di rumah. Kunjungi situs Orami di www.orami,com untuk mendapatkan informasi lainnya mengenai kesehatan dan kebutuhan buah hati Anda.

shares